Bagian Bagian Mikroskop Serta Fungsi dan Gambarnya

Bagian Bagian Mikroskop –  Apakah kalian mengetahui dunia sains saat ini semakin lama semakin berkembang pesat dan maju? Apa aja sih contoh dunia sains yang sekarang ini sudah berkembang sangat pesat?

Tentunya operasi plastik, kalian pasti sudah tau dalam ilmu kedokteran operasi plastik menjadi salah satu yang paling berkembang saat ini.

Ya salah satunya dengan menggunakan mikroskop. Untuk kalian yang belum tahu apa itu mikroskop dan bagian bagian mikroskop serta fungsinya, silahkan lihat penjelasan di bawah ini ya.

Tetapi ga mudah lho melakukan operasi plastik, para dokter harus melakukan riset demi riset terlebih dahulu. Nah pertanyaan nya dengan apa dokter melakukan riset?

Bagian Bagian Mikroskop

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Mikroskop adalah sebuah alat yang ditemukan oleh Zacharias janssen tahun 1608. Dunia kedokteran rasanya harus berterimakasih dengan temuan ini, bagaimana tidak dengan adanya mikroskop kita sekarang bisa mengetahui anatomi terkecil dari makhluk hidup.

Tapi, apakah kalian mengetahui apa saja bagian bagian mikroskop? Tidak bisa di pungkiri tidak semua orang mengerti atau bahkan tahu bagian mikroskop dari atas sampai bawah. Nah, oleh karena itu kita belajar sama sama ya untuk mengetahuinya.

Kita mulai dari bagian atas sampai bawah mikroskop :

Lensa Okuler Mikroskop

Bagian Bagian Mikroskop –Lensa okuler berada pada bagian paling atas mikroskop. Lensa ini sangat dekat dengan mata kita jika kita sedang menggunakan mikroskop. Fungsi utama dari lensa okuler yakni untuk membentuk bayangan tegak, selanjutnya di perbesar pada lensa objektif.

Lensa Objektif Mikroskop

Bagian Bagian Mikroskop –Berbeda dengan lensa okuler, lensa objektif letaknya berada dekat dengan sebuah objek penelitian dan pada umumnya lensa objektif memiliki fungsi perbesaran pada objek mulai dari 10, 40, sampai 100 kali lho, cukup deh buat melihat partikel kecil dari penelitian anda.

Untuk menggunakan lensa objektif secara optimal anda harus memiliki cahaya yang cukup ya agar objek penelitian bisa terlihat dengan maksimal. selain itu oleskan minyak emersi pada objek penelitian agar bayangan terlihat dengan jelas.

Tabung Mikroskop / Kubus 

Bagian Bagian Mikroskop –Fungsi dari tabung mikroskop ini adalah mengatur fokus serta menghubungkan antara lensa objektif dan okuler.

Makrometer / Pemutar Kasar 

Bagian Bagian Mikroskop –Fungsi utama pemutar kasar atau makrometer ini adalah untuk menarik dan menurunkan tabung mikroskop secara tepat dan cepat.

Mikrometer / Pemutar Halus Mikroskop

Bagian Bagian Mikroskop –Mikrometer fungsinya tak jauh beda dengan makrometer, sama – sama menarik dan menurunkan tabung mikroskop dan bentuknya lebih kecil dari makrometer

Revolver Mikroskop

Bagian Bagian Mikroskop –Fungsi utama dari revolver ini untuk mengatur pembesaran dan memperkecil suatu objek dari lensa objektif. Cara menggunakannya ialah dengan memutar ke kiri dan ke kanan.

Reflektor Mikroskop 

Bagian Bagian Mikroskop –Reflektor dalam mikroskop mempunyai dua jenis cermin yakni cermin cekung dan cermin datar. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda, cermin datar berfungsi ketika cahaya yang masuk secara maksimal.

Sedangkan cermin cekung berfungsi ketika cahaya yang masuk tidak maksimal. Jadi, fungsi utama dari reflektor yang ada mikroskop adalah memantulkan cahaya dari cermin pada meja objek lewat lubang yang terdapat di meja objek selanjutnya diteruskan ke mata anda.

Diafragma Mikroskop

Bagian Bagian Mikroskop –Bagian mikroskop yang satu ini cukup penting, dimana diafragma berfungsi untuk mengatur keluar masuknya cahaya pada mikroskop.

Kondensor Mikroskop

Bagian Bagian Mikroskop –Kondensor adalah bagian bagian mikroskop yang perlu juga anda ketahui. Fungsi utama dari kondensor sendiri yakni untuk mengumpulkan cahaya yang masuk kemudian memantulkan cahaya tersebut dari cermin dan memfokuskan pada objek. Untuk cara penggunaan nya anda bisa memutar ke kiri dan kanan atau bisa dinaikan turunkan.

Mikroskop Cermin

Bagian Bagian Mikroskop –Cermin, fungsi cermin pada mikroskop adalah untuk menerima serta mengarahkan cahaya yang masuk kemudian memantulkannya pada objek penelitian.

Meja Mikroskop 

Bagian Bagian Mikroskop –Fungsinya adalah untuk meletakkan sebuah objek penelitian. Jadi, sebuah objek penelitian akan di taruh di atas meja yang dekat dengan lensa.

Penjepit Kaca Mikroskop

Bagian Bagian Mikroskop –Nah, penjepit kaca ini adalah bantuan yang juga penting ketika anda akan melakukan penelitian lho. Dengan adanya penjepit kaca pada mikroskop, objek yang anda teliti tidak akan bisa bergerak karena akan di jepit.

Lengan mikroskop

Bagian Bagian Mikroskop –Yang dimaksud dari lengan mikroskop adalah sesuatu bagian dari mikroskop yang bisa anda genggam agar mikroskop tidak dapat bergerak dan anda bisa fokus pada objek penelitian.

Kaki Pada Mikroskop

Bagian Bagian Mikroskop –Fungsi utama dari bagian bagian mikroskop ini adalah untuk penopang mikroskop agar mikroskop tetap kokoh berdiri pada saat melakukan penelitian.

Sendi Inklinasi Mikroskop

Bagian Bagian Mikroskop –Fungsinya untuk mengatur sudut terbaik pada mikroskop agar penelitian berjalan maksimal.

Nah, gimana? Sekarang sudah tahu kan bagian bagian mikroskop mulai dari ujung sampai bagian bawah alat ini ? Berkat adanya alat sains yang satu ini kita bahkan dapat mengetahui kalau ada lho binatang terkecil di dunia, ya salah satunya adalah amuba.

Terima kasih sudah menyimak Artikel Chessinfo, tunggu artikel baru selanjut nya ya !!

Tinggalkan komentar