Jenis-jenis Mikroskop Sekarang

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Jenis-jenis Mikroskop Sekarang – Pembahasan yang selanjutnya adalah mengenai tentang jenis-jenis mikroskop. Masing-masing jenis mikroskop ini memiliki fungsinya sendiri-sendiri.

Jenis jenis mikroskop ini dilihat berdasarkan pusat energinya.

1.Jenis Mikroskop Cahaya

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Jenis-jenis Mikroskop Sekarang – Mikroskop cahaya adalah jenis yang memanfaatkan cahaya terang sebagai pusat energi untuk bisa memperbesar bayangan suatu objek penelitian. Dengan memakai lensa untuk bisa lebih memusatkan cahaya yang ada pada objek.

Sumber cahaya yang digunakan berasal dari cahaya matahari, atau bisa juga dari cahaya sebuah lampu. Biasanya sih sekolah-sekolah yang ada di Indonesia menggunakan Mikroskop jenis cahaya untuk alat belajar mereka.

Bagian bagian mikroskop cahaya memiliki tiga lensa objektif yakni:

  • Pembesaran biasa (4 atau 10 kali)
  • Pembesaran berukuran sedang 40 kali atau 100 kali lebih kuat.
  • Pembesaran lensa okuler ini pembesaran hanya 10 kali.

2.Jenis Mikroskop Elektron

bagian bagian mikroskop - bebasketik.com

Jenis-jenis Mikroskop Sekarang – Mikroskop Elektron, jenis mikroskop ini memanfaatkan senyawa elektron sebagai pusat energi. Mikroskop jenis ini menggunakan magnet sebagai salah satu pengganti lensa untuk memfokuskan sumber energi pada objek yang akan diteliti.

Mikroskop Elektron mampu memperbesar objek sampai satu juta kali ukuran objek sebenarnya lho keren kan, mau liat benda paling kecil juga pasti kelihatan deh.

Gunakanlah mikroskop sesuai dengan kebutuhan penelitian anda. Dengan adanya alat ini dunia sains sepertinya akan berkembang lebih pesat. Bukan tidak mungkin akan ditemukan obat dari penyakit HIV dari penelitian yang menggunakan mikroskop.

Ada 2 jenis mikroskop elektron

  • Mikroskop Transmisi Elektron atau (TEM) cara kerja dengan menembuskan elektron pada objek, serta gambaran objek terlihat pada layarnya
  • Mikroskop Elektron Scanning yang bisa menampilkan gambaran tiga dimensi pada objek dengan menghadirkan gambaran permukaan, jaringan, dan jugastruktur objek yang akan diamati.

Gimana temen-temen sudah cukup jelas penjelasan mulai dari bagian bagian mikroskop sampai dua jenis mikroskop di atas?

Sebelum menggunakan mikroskop ini ada baiknya pahami lagi ya bagian bagian mikroskop agar penelitian anda akan lebih maksimal. Selamat mencoba dan tetap pantengin Chessinfo ya gaes.

Jenis-jenis Mikroskop Sekarang 

Tinggalkan komentar